MATERI PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
Pentingnya Makanan Sehat
Usia anak antara 2 hingga 12
tahun merupakan usia pertumbuhan. Karenanya penting bagi anak-anak di usia ini
untuk mengonsumsi makanan yang baik dan bergizi. Makanan yang disajikan
hendaknya menyediakan protein, kalsium, zat besi, dan vitamin untuk perkembangan
dan pertumbuhannya.
Makanan antara lain bermanfaat
sebagai sumber energi, pelindung tubuh terhadap penyakit, sumber pembangun
pertumbuhan dan perbaikan tubuh. Makanan juga bersifat mengganti sel-sel tubuh
yang rusak atau tua, dan sebagai pelindung organ-organ penting.
Akan tetapi, makanan yang sehat
saja tidaklah cukup. Agar tubuh tetap sehat kita perlu berolahraga secara cukup
dan teratur. Berat badan dapat dikontrol melalui olahraga sehingga kita dapat
terhindar dari obesitas. Olahraga juga dapat mencegah penyakit jantung dan
darah tinggi, serta meningkatkan memori.Dengan berolaharaga jantung dan
paru-paru bekerja secara efisien sehingga energi yang dihasilkan menjadi
semakin besar dan siap untuk kita pergunakan untuk berbagi aktivitas.
Untuk hidup sehat, bukan hanya
makanan sehat dan olahraga yang dibutuhkan. Lingkungan yang sehat pun
dibutuhkan. Bayangkan jika lingkungan tempat kita tinggal kotor dan menjadi
sarang nyamuk. Pastilah kita pun akan merugi. Kesehatan merupakan hal yang
sangat berharga dan semuanya dapat diperoleh dengan cara yang cukup sederhana,
yaitu menjaga kesehatan lingkungan.
PENGERTIAN IKLAN
contoh iklan
Iklan adalah informasi yang
isinya membujuk orang supaya tertarik kepada barang atau jasa yang ditawarkan.
Dengan kata lain, iklan memberitahu kepada banyak orang tentang barang atau
jasa yang dijual dan dipasang di media massa seperti koran, majalah, atau
tempat-tempat umum.
Secara umum, iklan berwujud
penyajian informasi nonpersonal tentang suatu produk, merek, perusahaan, atau
toko yang dijalankan dengan kompensasi biaya tertentu. Maka dari itu, iklan
berupa proses komunikasi yang memiliki tujuan membujuk atau menarik orang
banyak untuk mengambil tindakan yang menguntungkan pihak yang membuat iklan.
Contoh media cetak : Koran,
majalah, tabloid
Contoh media elektronik : televisi, radio, internet
CIRI-CIRI IKLAN
- Komunikatif
- Informatif
- Bahasanya mudah dimengerti dan diingat masyarakat
- Menarik perhatian dan bersifat mengajak penonton/ pembaca untuk membeli/ menggunakan barang atau jasa yang telah diiklankan
SYARAT IKLAN
- Kata
dan bahasanya tertata dan tidak memiliki tafsir ganda.
- Bahasa
yang dipakai menarik dan mudah diingat-ingat oleh masyarakat.
- Tidak
boleh merendahkan atau menghina produk sejenis dari perusahaan lain.
- Tidak
boleh berbohong, harus apa adanya.
- Iklan
harus dibuat dengan memperhatikan tata bahasa, etika, sopan santun, target
pasar, dan lain-lain.
JENIS-JENIS IKLAN BERDASARKAN MEDIANYA
1. Iklan
Cetak
Iklan
cetak adalah iklan yang dibuat dan dipasang menggunakan teknik cetak. Teknik
ini dapat berupa letterpess, photolitography, sablon, inkjet, laser dan lain
sebagainya. Wujudnya iklan cetak ini antara lain koran, majalah, baliho,
poster, stiker, dan lain-lainnya. Berdasarkan luas space atau ukuran koran,
majalah dan tabloid memiliki 3 wujud iklan, yaitu :
·
Iklan baris biasanya tidak lebih dari 3-4
baris, sampai luas tidak melebihi dari sekolom.
·
Iklan kolom memiliki luas satu kolom, tetapi
lebih tinggi dibanding iklan baris.
·
Iklan display memiliki ukuran lebih lebih luas
jika dibandingkan iklan kolom.
2. Iklan
Elektronik
Iklan
elektronik, adalah iklan yang menggunakan media berbasis elektronik. Secara
spesifik, iklan elektronik dapat berupa :
a.
Iklan Radio
Iklan
radio memiliki karakteristik yang hanya bisa didengar melalui audio (suara).
Suara itu bisa berupa suara manusia yang teratur, musik, perpaduan suara-suara
yang teratur menggunakan ritme dan harmonis, sound effect serta suara-suara
yang tidak beraturan atau efek suara alam.
b.
Iklan Televisi
Iklan
televisi memiliki karakteristik memiliki suara, gambar dan gerak. Karakteristik
inilah yang membuat pemirsa ingin membeli produk yang ditawarkan.
c.
Iklan Film
Iklan
film wujudnya produk film/cinema. Umumnya, jenis iklan yang muncul yaitu iklan
property endorsement dan live action yang tampil sebelum film utama diputar
(dirilis). Seringnya juga, suatu film ikut mempromosikan film-film lainnya
sebelum film utamanya diputar (promo ad).
d.
Iklan Media Digital Interaktif (Internet)
Dalam
iklan digital interaktif, dibagi lagi menjadi beberapa kelompok, antara lain :
·
Website : iklan yang secara keseluruhan
berwujud website di semua fitur dalam situs tersebut, yaitu iklan. Terkadang
suatu perusahaan juga membuat semua situs perusahaannya menjadi ladang iklan.
·
Banner dan tombol : banner di sini berupa
billboard mini yang tersebar di semua halaman web. Sementara itu, button sering
berwujud icon ukuran kecil. Keduanya jika diklik akan membawa ke situs dari
pengiklan atau halaman yang baru.
·
Sponsorship : iklan yang dibiayai pihak
sponsor secara penuh di halam dari pembuat situs.
·
Classified ads : iklan yang berwujud seperti
iklan baris dalam koran dan umumnya gratis.
·
E-mail advertising : iklan yang dikirimkan
melalui e-mail kepada para customer yang memang meminta. Iklan ini harus
dibedakan dengan SPAM. Apa itu SPAM ? SPAM adalah iklan massal di dalam e-mail
yang dikirimkan oleh entitas yang tidak diketahui.
Poster adalah surat pengumuman yang dipasang
di tempat umum, seperti dinding, pinggir jalan, dan papan pengumuman. Poster
pada umumnya berisi promosi suatu produk terbaru dari suatu perusahaan maupun
penyampaian informasi pelayanan kepada masyarakat. Misalnya penghijauan,
keluarga berencana, dan tata tertib lalu lintas.
Poster menggunakan bahasa yang
singkat, efektif, menarik dan mudah diingat. Poster berisi tulisan disertai
gambar. Tujuan pembuatan poster antara lain menawarkan barang dagangan,
mendidik masyarakat, dan mengimbau masyarakat tentang sesuatu.
Ada beberapa hal yang perlu
kamu pahami tentang poster. Perhatikan penjelasan berikut :
1. Judul
Penulisan judul poster yang baik, yaitu
minimal dari jarak dua meter. Judul poster harus dapat terbaca dengan jelas dan
menarik perhatian banyak orang.
2. Informasi
Informasi pada poster sebaiknya disajikan
dalam bentuk poin, dan dalam jarak minimal satu meter harus terbaca dengan
jelas. Misalnya poster tentang penyakit maka informasi didalamnya setidaknya
terdiri atas topik pembahasan tentang penyakit tersebut, penyebab gangguan,
gejala dari penyakit tersebut, dan upaya penanganan serta pencegahannya.
3. Pendukung
Pendukung dalam poster maksudnya adalah
hal-hal yang bisa membuat poster menjadi lebih menarik, misalnya dengan
menampilkan grafik atau gambar-gambar yang memudahkan pembaca memahami pesan
dari poster tersebut.
4. Sumber
Sumber informasi yang digunakan dalam poster
dapat iperoleh dari internet, buku-buku, majalah, atau sumber lain terpercaya.
Sumber informasi penting untuk dicantumkan.
Membuat Buklet
Selain menghormati dan menghargai, kita juga harus selalu melestarikan budaya dan adat istiadat di Indonesia. Salah satu caranya adalah menggunakan bullet. Buklet adalah sarana beriklan atau promosi secara tidak langsung. Bentuknya menyerupai sebuah buku yang berukuran kecil. Buklet memiliki sampul, halaman judul, dijilid, dan memiliki jumlah halaman lebih banyak dari pamphlet/brosur. Penampilan dan desain sebuah buklet seringkali mewakili gambaran dan informasi sebuah perusahaan dan prosuk-produknya. Desain dan kualitas buklet yang bagus akan meningkatkan penjualan maupun ketertarikan masyarakat terhadap produk perusahaan tersebut.
PPKn
Modal dasar pembangunan
nasional adalah segala sumber kekuatan nasional yang dimiliki dan didayagunakan
bangsa Indonesia dalam pembangunan nasional.
- Modal dasar pembangunan
nasional di Indonesia antara lain :
1. -- Kemerdekaan dan kedaulatan
2. - Jiwa dan semangat persatuan
3. - Wilayah Nusantara
4. - Kekayaan alam yang beraneka
ragam
5. - Penduduk
6. - Adat istiadat
7. - Budaya bangsa
Keragaman merupakan suatu suatu
kondisi yang khas pada kehidupan masyarakat. Perbedaannya dalam bentuk suku
bangsa, agama, ras, serta budaya. Keragaman yang ada di Indonesia adalah
kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia.
Indonesia mempunyai potret
kebudayaan yang lengkap dan bervariasi. Masyarakat Indonesia bisa saling
berbagi informasi dan bertukar pikiran. Indonesia akan menjadi negara yang kaya
akan kekayaan alam hayati, keanekaragaman budaya, keanekaragaman manusianya
berkualutas baik. Dengan adanya keanekaragaman ini, Indonesia akhirnya memiliki
sebuah semboyan yaitu Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda tetapi
satu jua. Meskipun masyarakat memiliki latar belakang, pemikiran, prinsip,
serta karakter yang berbeda, namun masyarakatnya tetap memiliki satu tujuan
yang sama yaitu menjadikan Indonesia yang merdeka, bersatu, adil, dan makmur
dalam Pancasila.
Kata Bhinneka Tunggal Ika
terdapat dalam kitab Sutasoma karangan Empu Tantular. Empu Tantular merupakan
salah satu pujangga besar pada zaman Kerajaan Majapahit. Pengamalan Bhinneka
Tunggal Ika dapat dimulai di lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar. Negara
Kesatuan Republik Indonesia tidak berdiri dengan sendirinya, tetapi memiliki
perjuangan para pejuang yang dilakukan dengan proses yang sangat panjang.
Selanjutnya, kita harus menjaga persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bangsa
dan negara.
Bacalah teks bacaan di bawah ini! Garis bawahi informasi penting
yang kamu temukan dalam bacaan!
Bogor Siap Gelar Cap Go Meh
Pesta Rakyat Bogor Cap Go Meh 2015 bukan sekadar
untuk mengakhiri perayaan Imlek, melainkan bukti bahwa masyarakat bersatu dalam
keberagaman. Perayaan ini bukan hanya sekadar atraksi seni budaya, melainkan
simbol rakyat menghargai keberagaman.
Festival tahun ini akan lebih meriah dibandingkan
dengan festival sebelumnya. Festival akan dimeriahkan sekitar 10.000 pengisi
acara dan kemungkinan disaksikan oleh 100.000 pengunjung. Festival yang akan
diliput media elektronik dan media cetak ini akan dinikmati sekitar 30 juta
penonton dan pembaca.
Ada penampilan 12 mobil shio, 25 liong, dan 50 barongsai. Selain itu, ada pula bebegig sawah, wayang hihid, tarian jalanan, sepeda, boboko logor, marching band, pasukan pengibar bendera, ogoh-ogoh, parade kos tum, karnaval, dan lengseran. Rute festival lebih panjang, yakni tidak sekadar dari wihara di Jalan Suryakencana sampai simpang ujung Jalan Siliwangi, tetapi melingkar ke Jalan Sukasari, Jalan Pajajaran, Tugu Kujang, dan Jalan Otto Iskandar Dinata. Banyaknya jenis atraksi dari kebudayaan berbeda mencerminkan keberagaman masih dijunjung tinggi. Kepanitiaan tidak eksklusif berasal dari satu komunitas, tetapi justru berasal dari yang berbeda suku, agama, ras, dan antar golongan.
PENUTUP
Berakhir sudah pembelajaran
daring untuk hari ini, yuk kita berdoa mohon kebaikan dan keselamatan duina dan
akhirat
kerjakan evaluasi dibawah ini
https://docs.google.com/forms/d/1rL9jGfxw4cJI3DXkkJFGcuNJAEvo_1w_NY-2_Hh687k
sumber artikel :
https://kelas5sdtegalkota.blogspot.com/2020/09/tema-3-subtema-2-pertemuan-1.html?m=1