KEGIATAN AWAL
Assalamu 'alaikum Wr. Wb.
Selamat pagi anak-anak,
generasi hebat! bagaimana kabar kalian? Semoga sehat semua, dan tetap
bersemangat belajar, walaupun belajarnya hanya di rumah. Baiklah anak-anak,
kita mulai pelajarannya ya!
Mari kita awali belajar
kita dengan berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing, agar hati kita
dibukakan oleh Tuhan Yang Maha berilmu, dan dipahamkan dalam menyelami
ilmu-Nya, sehingga kita bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri
maupun orang lain. Bagi yang beragama Islam silakan baca doa berikut ini.
Nah
untuk menanamkan jiwa patriotisme dalam lubuk hati kita sebagai generasi
penerus bangsa mari kita menyanyikan lagu "Berkibarlah Benderaku"
ciptaan Ibu Sud.
Buka di : https://youtu.be/_Ge6cMOVy3o
Sekarang siapkan alat
tulis kalian, catat hal-hal penting yang perlu ditulis.
KEGIATAN INTI
1. Tujuan Pembelajaran
Anak-anak, diharapkan
nanti kamu kalau sudah selesai belajar hari ini, kamu mampu :
1. mengidentifikasi berbagai properti
tari sesuai gambar.
2. memperagakan tari daerah dengan
menggunakan properti.
3. mengidentifikasi interaksi manusia dengan
lingkungan.
4.
mengidentifikasi
aktivitas masyarakat di sekitarmu yang berkaitan dengan pembangunan sosial
budaya.
2. Kegiatan Pembelajaran
Ayo anak-anak amati
gambar di bawah ini!
Setelah kamu amati, coba
sebutkan properti apa saja yang digunakan oleh para penari tersebut.
Ya,
pada gambar 1 properti yang digunakan kipas, gambar 2
menggunakan properti pedang, dan gambar 3 menggunakan
properti busur dan anak panah. Kamu dapat
mengamati properti berbagai macam tari lain
Tahukah kamu, apa itu
properti? dan terbuat dari apa saja?
- Properti tari adalah segala kelengkapan dan peralatan
yang digunakan untuk melakukan gerak tari dalam penampilan atau peragaan
karya tari.
- Fungsi properti untuk menambah nilai keindahan
sekaligus sebagai media penyampaian pesan tarian.
- Properti dapat terbuat dari kain, kayu, besi, plastik, tembaga,
atau kulit. Properti ada juga yang merupakan bagian dari busana dan
aksesoris, seperti selendang, panah, dan keris.
- Contoh benda yang dapat digunakan untuk melakukan gerak
tari sebagai berikut
1. Kipas
2. Topeng
3. Selendang
4. Payung
5. Kuda lumping
6.
Piring
7.
Boneka
8.
Keris
9.
Sapu
tangan
10. Tombak
Coba kamu amati video tari Cublak-cublak suweng dari jawa Tengah ini, lalu kamu praktikkan dengan menggunakan properti selendang seperti tampilan pada video.
Buka di : https://youtu.be/fy-aRZwvEgg
Ayo baca cerita di bawah
ini!
Pak Damar merupakan pengusaha sandal refleksi. Pak Damar memproduksi
sandal yang dapat digunakan untuk melancarkan peredaran darah. Sandal refleksi
buatan Pak Damar terbuat dari kayu. Kayu tersebut diperoleh dari daerah sekitar
tempat tinggalnya. Pak Damar hanya membeli kayu berkualitas. Namun demikian,
Pak Damar selalu menyarankan kepada pemasok kayu untuk melakukan reboisasi
setelah penebangan. Dengan reboisasi hutan menjadi tidak gundul dan hasil
reboisasi beberapa tahun kemudian dapat dimanfaatkan lagi, di antaranya pohon
dapat ditebang dan kayunya dapat digunakan lagi.
Tenaga kerja di pabrik Pak Damar juga berasal dari warga di sekitar
tempat tinggalnya. Sebelumnya, mereka diberi pelatihan terlebih dahulu oleh Pak
Damar. Bahkan kini, beberapa tenaga kerja Pak Damar telah membuka usaha
sendiri. Pak Damar kemudian menjadikan mereka sebagai mitra kerja untuk
memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat.
Ayo selanjutnya kita
berlatih memahami kandungan isi bacaan di atas.
1.
Interaksi
manusia dan lingkungan pada bacaan.
Pak
Damar memanfaatkan kayu untuk memproduksi sandal refleksi (interaksi manusia
dengan lingkungan alam). Beliau juga memberdayakan masyarakat sekitar sebagai
tenaga kerjanya (interaksi lingkungan sosial).
2.
Pengaruh
interaksi manusia terhadap lingkungan bagi masyarakat dalam bacaan.
a.
Pemanfaatan hasil sebagai sumber daya alam untuk kebutuhan manusia.
b.
Meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
c.
Terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat.
3.
Manfaat
usaha Pak Damar bagi masyarakat di sekitarnya.
a.
Meningkatkan taraf hidup masyarakat.
b.
Membuka lapangan pekerjaan baru.
c.
Memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap sandal refleksi buatan Pak Damar.
4.
Usaha
yang dilakukan Pak Damar untuk mengurangi kerusakan lingkungan akibat usahanya.
Pak
Damar menyarankan kepada pemasok kayu untuk melakukan reboisasi pada lahan yang
telah ia tebangi.
5.
Hubungan
ketergantungan dalam bacaan
a.
Pak Damar membutuhkan pasokan kayu dari pemasok kayu untuk memproduksi sandal
refleksi. Pemasok kayu membutuhkan Pak Damar untuk membeli kayunya. Dari
hubungan ketergantungan tersebut, keduanya memperoleh keuntungan berupa uang.
b.
Pak Damar membutuhkan masyarakat di sekitarnya sebagai tenaga kerja untuk
membuat sandal refleksi. Masyarakat di sekitarnya membutuhkan pekerjaan dari
Pak Damar. Dari hubungan ketergantungan tersebut, keduanya memperoleh
keuntungan berupa uang.
INTERAKSI LINGKUNGAN ALAM DAN LINGKUNGAN SOSIAL
Program
kerja pertama Pak Bakri Widodo sebagai Ketua RW baru, adalah mengadakan jalan
sehat bagi warganya. Jalan sehat tersebut diadakan pada hari Minggu agar dapat
diikuti oleh seluruh warga masyarakat. Rencananya, jalan sehat akan dilakukan
mengelilingi desa dengan menempuh jarak 6 km.
Kegiatan jalan sehat berjalan dengan lancar. Warga masyarakat ber
jalan dengan santai sambil menikmati pemandangan alam serta mengobrol dengan
warga lain. Sesampainya di garis finish, warga akan dihibur dengan kesenian
daerah sambil menikmati makanan yang telah disediakan.
Kegiatan jalan sehat merupakan contoh interaksi manusia
dengan lingkungan, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial.
Interaksi manusia dengan lingkungan, memengaruhi pembangunan sosial budaya.
Selain itu, upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan
melalui pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal. Melalui
pendidikan, maka akan tercapai kesejahteraan masyarakat. Berikut contoh
aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya.
1. Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah
dicanangkan oleh pemerintah.
2. Mengikuti pelatihan keterampilan seperti
menjahit, membatik, dan membuat karya kerajinan lainnya.
3. Turut serta dalam organisasi
masyarakat.
Setelah memahami bacaan
dan isi yang terkandung di dalamnya,
1.
Lakukan
pengamatan terhadap masyarakat di sekitarmu!
2.
Identifikasilah
aktivitas masyarakat di sekitarmu yang berkaitan dengan pembangunan sosial
budaya!
3.
Buatlah
laporan berdasarkan hasil pengamatanmu!
Nah,
menyenangkan bukan pembelajaran hari ini?
KEGIATAN
AKHIR
Sekian
pembelajaran kita hari ini, yuk kita menyanyi "Bubuy Bulan" dari Jawa
Barat untuk mencintai budaya daerah kita!
Tugas hari ini
1. dirangkum dibuku tulis
2. kerjakan soal dilink ini